Gerakan Pangan Murah Pemkab Lambar Merambah Kecamatan Belalau

Lambar|KBNINews|Gerakan Pangan Murah (GPM) yang dihelat Pemkab Lampung Barat (Lambar) melalui Dinas Ketahanan Pangan, Jum’at (15/3/2024), merambah wilayah Kecamatan Belalau.

Pada kegiatan GPM ini disediakan delapan ton beras, 250 Kg gula pasir, 720 botol minyak goreng, dan 200 Kg tepung terigu.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Pj Bupati Lambar, Nukman, didampingi Pj Sekda, Adi Utama, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Wasisno Sembiring, Kadis Kominfo, Munandar, Kadis Ketahanan Pangan, Maidar, Kasat Pol PP, Haiza Rinsa, Inspektur Sudarto, Kadis PUPR, Ansari, Ketua Baznas, Abdul Rosyid, Kepala BPS Lambar, Nasrullah, juga hadir Ketua TP PKK, Ny. Zelda Naturi Nukman. Pun Camat Belalau, Mat Suhyar, dan tokoh masyarakat setempat.

Pj Bupati Lambar, Nukman, mengatakan, GPM diselenggarakan agar masyarakat bisa mendapatkan sembako dengan harga terjangkau.

“Pemkab memiliki program terkait dengan gerakan pasar murah yang diperuntukkan bagi masyarakat yang terdampak inflasi,” ucapnya dan menambahkan, acara ini sangat penting dan strategis, khususnya sebagai salah satu upaya pemerintah untuk mempermudah masyarakat memperoleh bahan pangan pokok dengan harga terjangkau, selain sebagai upaya pengendalian inflasi dan menjamin stabilisasi pasokan dan harga pangan. 

Menurut Nukman, dengan adanya GPM ini sebagai salah satu upaya pemkab setempat untuk mengatasi dan mengurangi dampak inflasi.

“Kami berharap dengan adanya GPM ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, terutama masyarakat kecil untuk memenuhi kebutuhan pokok,” katanya.

Dijelaskan, setiap masyarakat diperbolehkan mendapat beras dua sak atau 10 kilogram.

Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lambar, Maidar, mengatakan, terselenggaranya kegiatan tersebut merupakan hasil kolaborasi dengan pihak Bulog.

“Dengan harga beras medium Rp 54.000/5 Kg, gula pasir merek PSM Rp 16.000/Kg, minyak goreng merek Risky Rp 14.000 perbotol, tepung terigu merek Sania seharga Rp 12.000/Kg,” jelasnya. (sugi)