Putra Asli Padang Cermin Maju Pileg

Pesawaran|KBNINews|Seiring telah diumumkannya daftar calon sementara (DCS) peserta pemilihan legialatif tahun 2024 oleh KPU kabupaten Pesawaran, 19 Agustus 2023 lalu, muncul nama Toni Mahasan sebagai salah satu dari 40 calon anggota legislatif (caleg) asal Partai Demokrat.

Politisi muda yang berpembawaan low profile ini memang dikenali sebagai putra asli Padang Cermin. Karenanya, ia memilih daerah pemilihan V yang meliputi Kecamatan Padang Cermin dan Teluk Pandan. 

Toni Mahasan yang biasa disapa Bung TM adalah politisi Partai Demokrat berkarakter pribadi yang humbel dan dekat dengan berbagai kalangan sejak menjabat Wakil Direktur Eksekutif DPD Partai Demokrat Provinsi Lampung tahun 2010.

Baru pada tahun 2021 ia bergeser menjadi Sekretaris Bappiluda DPD Partai Demokrat Provinsi Lampung. Dan saat revisi kepengurusan,  dipercaya oleh Ketua DPD Partai Demokrat untuk mengemban amanah baru sebagai Ketua Badan Pembinaan Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan Daerah (BPOKK-DA) Partai Demokrat Provinsi Lampung.

Mengenai majunya ia dalam kontestasi pileg 2024, Bung TM membenarkannya.

“Iya betul, saya ditugaskan partai untuk ikut berkontestasi pada pileg 2024 mendatang sebagai salah satu caleg di Kabupaten Pesawaran tepatnya di dapil V yang meliputi wilayah Kecamatan Padang Cermin dan Teluk Pandan,” kata dia.

Dijelaskan, sebagai kader, dirinya siap untuk menyampaikan ide dan gagasan Partai Demokrat ke seluruh masyarakat di Dapil V Kabupaten Pesawaran. “Selain karena ditugaskan oleh partai, sebagai putra daerah  Pesawaran, saya terpanggil untuk menjadi wakil masyarakat dalam memperjuangkan pertanian dan pariwisata yang potensinya belum tergali maksimal, khususnya di Kecamatan Padang Cermin dan Teluk Pandan,” ungkap Toni Mahasan.

Politisi muda yang mengusung jargon “Untuk Pesawaran Makin Baik” ini mengungkapkan, bahwa memaksimalkan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia Kabupaten Pesawaran di sektor pertanian dan pariwisata adalah prioritas yang akan diperjuangkan jika nanti dipercaya dan terpilih sebagai wakil rakyat. “Pariwisata dan pertanian adalah dua instrumen ekonomi yang menjadi nadi kehidupan di kabupaten Pesawaran, khususnya di Kecamatan Padang Cermin dan Teluk Pandan. Saya akan fokus berjuang pada dua sektor tersebut,” tegasnya.

Toni Mahasan selama ini memang dikenal memiliki jaringan yang luas, serta dekat dengan petani dan nelayan.

Ia memaknai kontestasi pileg tahun 2024 sebagai kontestasi gagasan dan ide tentang arah pembangunan Kabupaten Pesawaran ke depan.

Menurut dia, dari kontestasi gagasan dan ide inilah diharapkan masyarakat dapat benar-benar memilih wakil yang dianggap mampu memperjuangkan kepentingan seluruh lapisan masyarakat khususnya di dapil V Kabupaten Pesawaran. 

“Sesungguhnya rakyat adalah pemilik sejarah bangsa, karenanya rakyat dituntut untuk memaknai pileg sebagai kontestasi gagasan dan ide. Tidak lagi sebagai kontestasi pragmatis dan instan, agar kelak kualitas demokrasi dan wakilnya di parlemen sungguh-sungguh menjadi legislatif yang mengerti fungsinya sebagai wakil rakyat,” ucap Toni Mahasan. (sugi)